Pandemi Covid-19, Gubernur Jatim Serahkan Bantuan pada Masyarakat Kepulauan -->

Pandemi Covid-19, Gubernur Jatim Serahkan Bantuan pada Masyarakat Kepulauan

Sabtu, 02 Mei 2020, 7:49 PM
loading...
Pandemi Covid-19, Gubernur Jatim Serahkan Bantuan pada Masyarakat Kepulauan
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa ketika sambutan sebelum penyerahan bantuan penanganan Covid-19 di Pendopo Kecamatan Raas, Sabtu (2/05/2020). (Foto for E-KABARI)

SUMENEP, E-KABARI.COM – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim menyerahkan bantuan sembako pada warga kepulauan, Sabtu (2/05/2020) pagi.

Penyerahan ribuan sembako dan logistik kesehatan tersebut dilakukan pada kunjungan kerja Gubernur Jatim bersama Forkopimda Jatim didampingi Forkopimda Sumenep dalam rangka penanganan dampak Covid-19 di Kecamatan/Pulau Raas.

Gubernur Khofifah mengungkapkan, dampak wabah virus Corona tidak hanya terjadi di wilayah kota dan pedesaan wilayah daratan. Ia yakin wilayah kepulauan Sumenep juga menjadi daerah terdampak akibat pandemi Covid-19 ini.

“Karena itu kami memberikan bantuan ini kepada masyarakat di wilayah Kepulauan Kabupaten Sumenep,” kata Khofifah ketika sambutan di Pendopo Kecamatan Raas, Sabtu (2/05/2020).

Adapun bantuan berupa sembako dan logistik kesehatan untuk penanganan dampak Covid-19 di wilayah kepulauan itu meliputi sembako sebanyak 4.000 paket, masker 6.000 pcs, sarung tangan 800 pcs, dan cairan disinfektan 160 liter.

Kemudian alkohol 240 liter, rapid test 240 pcs, face shield 160 pcs, hand sanitizer 400 liter, baju hazmat 800 pcs, thermometer gun 60 pcs, sprayer 75 pcs dan kacamata safety 160 pcs.

“Selain untuk masyarakat, bantuan ini kita serahkan pada petugas medis di dua kecamatan di Pulau Raas dan Kangean, seperti baju hazmat, kacamata safety dan rapid test,” ujar Gubernur.

Dengan bantuan logistik kesehatan itu, petugas medis di Puskesmas diharapkan bisa menangani pemeriksaan warga, utamanya pendatang dari luar daerah. Sehingga, penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan bisa dilakukan melalui puskesmas.

“Pengiriman sembako dan logistik kesehatan bagi masyarakat di dua kecamatan kepulauan itu menggunakan KRI Teluk Ende 517 milik TNI Angkatan Laut,” terang Khofifah.

Sementara kedatangan Gubenur sendiri bersama Forkopimda Jatim ke Kecamatan/Pulau Raas untuk menyerahkan bantuan tersebut menggunakan tiga helikopter.

Di sana, Gubernur Khofifah menyerahkan bantuan sembako dan logistik kesehatan itu secara simbolis kepada Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim di Pendopo Kecamatan Raas.

“Selain untuk Raas dan Kangean, bantuan ini juga untuk masyarakat Kecamatan/Pulau Sapekan. Tapi untuk Sapeken masih harus menyesuaikan dengan jadwal kapal patroli laut. Insyaallah minggu depan,” pungkas Khofifah. (RK/Fiq)

TerPopuler