Gotong Royong Bersama Warga, PSNU Pagar Nusa Gapura Motori Perbaikan Jalan Rusak Akses Tapakerbau -->

Gotong Royong Bersama Warga, PSNU Pagar Nusa Gapura Motori Perbaikan Jalan Rusak Akses Tapakerbau

Sabtu, 15 Juni 2024, 2:48 PM
loading...
Gotong Royong Bersama Warga, PSNU Pagar Nusa Gapura Motori Perbaikan Jalan Rusak Akses Tapakerbau
Gotong royong perbaikan jalan Gapura-Tapakerbau, Desa Gersik Putih oleh PAC PSNU Pagar Nusa Gapura bersama warga tiga desa, Sabtu (15/6/2024). (Foto for E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - PAC PSNU Pagar Nusa Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep motori perbaikan jalan rusak akses menuju Kampung Tapakerbau, Desa Gersik Putih.


Perbaikan jalan Gapura-Tapakerbau berlangsung Sabtu, 15 Juni 2024 pagi, melibatkan warga dari tiga desa yang dilalui akses tersebut yakni Gersik Putih, Gapura Tengah, dan Gapura Barat.


Ketua PAC PSNU Pagar Nusa Gapura K. A. Tirmidzi Mas'ud mengungkapkan, ide gotong royong perbaikan jalan Gapura-Tapakerbau itu muncul secara tak sengaja dalam pertemuan rutin di rumah pengurus di Desa Gersik Putih.


Sejumlah pengurus PAC PSNU Pagar Nusa Gapura begitu prihatin melihat kondisi jalan yang rusak parah menuju lokasi pertemuan bulanan. Alhasil mereka mengusulkan agar Pagar Nusa Gapura memprakarsai kegiatan gotong royong untuk memperbaiki jalan tersebut.


"Alhamdulillah dalam rapat waktu itu disepakati hari ini, tadi dimulai pukul 8 kami bersama warga sekitar, warga Gersik Putih, warga Dusun Panile Gapura Tengah, termasuk dari Desa Gapura Barat melakukan perbaikan jalan," kata K. A. Tirmidzi.


Tak hanya melibatkan warga, Pengurus MWC NU Gapura, Camat dan perwakilan Koramil serta Polsek Gapura pun bergotong royong dalam perbaikan jalan yang menghubungkan Gapura dengan Kecamatan Kalianget tersebut.


Bahkan, Rais MWC NU Gapura KH Murtadi Fadlail berkenan hadir meletakkan batu atau cor pertama perbaikan jalan Gapura-Tapakerbau yang dananya bersumber dari urunan.


"Jadi ini murni urunan dari kami, dari teman-teman PAC Pagar Nusa, sumbangan material dari tiga kepala desa, juga dari MWC NU Gapura dan ada banyak warga yang berkontribusi dalam kegiatan ini," terang Kiai Tirmidzi.


Ketua PSNU Pagar Nusa Gapura yang akrab disapa Kiai Tir itu menjelaskan, jalan Gapura-Gersik Putih merupakan poros utama yang menghubungkan Kecamatan Gapura dengan Kecamatan Kalianget, bahkan Talango.


Kondisi jalan yang rusak parah tentu berakibat pada kegiatan sosial-ekonomi warga, khususnya Gersik Putih, menuju Kecamatan Gapura.


"Sebagai inisiator dari kegiatan gotong royong ini, kami PAC Pagar Nusa Gapura  berharap Pemerintah Kabupaten Sumenep bisa pro aktif dan berbuat konkret agar ke depan masyarakat pengguna jalan ini betul-betul mendapatkan perhatian yang serius dari Pemkab, karena akses jalan ini menghubungkan Kecamatan Gapura dengan Kalianget sekaligus Talango," ujar Kiai Tir.


Sementara Camat Gapura Imam Suhadi terlihat turun langsung ikut gotong royong memperbaiki jalan tersebut dengan mengangkut bahan dan mengecor bersama-sama warga.


Imam Suhadi pun mengapresiasi langkah PSNU Pagar Nusa Gapura yang memotori perbaikan jalan Gapura-Tapakerbau dengan menghidupkan budaya gotong royong di masyarakat.


"Kami sangat apresiatif terhadap kegiatan yang dimotori oleh Pagar Nusa Gapura ini dan kami sudah upayakan komunikasi dengan dinas terkait untuk perbaikan jalan ini," ujar Imam Suhadi.


Upaya lebih lanjut, Camat Gapura sedang mengendakakan audiensi dengan MWC NU Gapura, Pagar Nusa, PT Garam dan tiga kepala desa terkait untuk mengantisipasi sementara perbaikan jalur Gapura-Tapakerbau.


Namun sementara menunggu upaya-upaya itu, PAC PSNU Gapura bersama warga sekitar bersepakat melanjutkan perbaikan jalan tersebut hingga beberapa hari ke depan. (Rfq)

TerPopuler