Kepada Peternak dan Pecinta Sapi Kerap Bupati Fauzi Berterima Kasih -->

Kepada Peternak dan Pecinta Sapi Kerap Bupati Fauzi Berterima Kasih

Rabu, 14 Agustus 2024, 1:27 PM
loading...
Kejuaraan Kerapan Sapi Tingkat Kabupaten Sumenep 2024
Kejuaraan Kerapan Sapi Tingkat Kabupaten Sumenep 2024 di Lapangan Kecamatan Bluto, Rabu (14/8/2024). (Foto IST/E-KABARI)


SUMENEP, E-KABARI.com - Peternak dan pecinta Sapi Kerap mendapatkan apresiasi dari Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.


Orang nomor satu di Sumenep itu meyakini eksistensi mereka menjadi tulang punggung terselenggaranya Karapan Sapi.


Sebab, penyelenggaraan Kerapan Sapi merupakan media untuk menjaga dan melestarikan tradisi, supaya keberadaannya tidak tergerus perubahan zaman yang kilat.


"Kebudayaan dan tradisi adalah warisan tak ternilai harganya yang telah diwariskan oleh para pendahulu, seperti kerapan sapi sebagai identitas kultural masyarakat Madura," kata Bupati Fauzi Wongsojudo, Rabu, 14 Agustus 2024.


Menurut Fauzi, untuk melestarikan tradisi yang sangat berharga menjadi tanggung jawab bersama, karena telah mengangkat citra Madura. Apalagi kerapan sapi, eksistensinya harus terus berkembang di masa mendatang.


"Kami menyampaikan terima kasih kepada para peternak dan pecinta sapi kerap yang terus berupaya melestarikan budaya warisan leluhur hingga saat ini," ungkapnya.


Mendorong hal itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep salah satunya mengadakan perhelatan kerapan sapi tingkat Kabupaten. Harapannya, kegiatan itu mampu memberikan pembinaan, pengembangan serta pelestarian warisan budaya.


"Pelaksanaan kerapan sapi setiap tahun di Kabupaten Sumenep adalah wujud perhatian dan komitmen pemerintah daerah dalam melestarikan kerapan sapi," jelas Bupati Fauzi.


Kali ini Pemkab Sumenep menggelar Kejuaraan Kerapan Sapi Tingkat Kabupaten Sumenep 2024 di Lapangan Kecamatan Bluto.


Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 48 pasang sapi, berasal dari kecamatan wilayah daratan dan kepulauan Kabupaten Sumenep.


Kepala Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep Mohamad Iksan menyampaikan, sapi kerap yang menjadi juara tingkat Kabupaten akan mewakili Sumenep pada ajang Karapan Sapi Piala Presiden 2024.


"Juara 1 hingga 3 dari golongan menang atas dan juara 1 hingga 3 menang bawah, terpilih sebagai wakil Kabupaten Sumenep pada ajang karapan sapi paling bergengsi yaitu Piala Presiden 2024," jelas Mohamad Iksan. (SK/Rfq/*)

TerPopuler