Pemkab Sumenep Terima Penghargaan UHC Kategori Utama, Ini Harapan Bupati Fauzi -->

Pemkab Sumenep Terima Penghargaan UHC Kategori Utama, Ini Harapan Bupati Fauzi

Kamis, 08 Agustus 2024, 9:41 PM
loading...
Pemkab Sumenep Terima Penghargaan UHC Kategori Utama, Ini Harapan Bupati Fauzi
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menerima Penghargaan UCH 2024 bagi Pemerintah Daerah dari Kemenko PMK, Kamis (8/8/2024). (Foto Instagram @prokopim_sumenep)


SUMENEP, E-KABARI.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Katagori Utama, Kamis, 8 Agustus 2024 di Jakarta.


Penghargaan atas program yang dimulai tahun 2022 itu diterima Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia.


Kemenko PMK memberikan penghargaan UHC Kategori Utama karena Pemkab Sumenep di bawah kepemimpinan Bupati Fauzi Wongsojudo dinilai memiliki komitmen yang tinggi terhadap kualitas kesehatan masyarakat.


"Penghargaan yang diraih melalui program UHC merupakan hasil kerja sama semua pihak, baik BPJS, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya," kata Bupati Fuazi usai menerima penghargaan di Jakarta.


Pihaknya mengharapkan sinergitas dan koordinasi semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan mutu layanan kesehatan, supaya masyarakat benar-benar merasakan manfaat jaminan kesehatan melalui UHC secara optimal.


Karena itu, penghargaan dari Kemenko PMK menurut Bupati Fauzi harus menjadi motivasi dan dorongan bagi pemerintah daerah beserta pihak terkait untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Sumenep.


"Meskipun program UHC targetnya bukan penghargaan, tetapi apresiasi Kemenko PMK menjadi motivasi dan dorongan bagi seluruh jajaran pemerintah daerah beserta pihak terkait untuk terus memberikan layanan terbaik di bidang kesehatan," ungkapnya.


Ajang UHC Award 2024 bertajuk "Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Memberikan Perlindungan Kesehatan bagi Masyarakat Indonesia" berlangsung di Jakarta.


Menko PMK  Muhajir Efendi menyerahkan penghargaan secara langsung kepada Bupati Fauzi Wongsojudo sebagai Pemerintah Daerah dengan Kategori Utama dalam pencapaian UHC.


Kilas balik, Pemkab Sumenep memberlakukan program UHC terhitung 07 November 2022, sebagai salah satu sistem penjaminan kesehatan untuk memastikan semua penduduk mendapatkan layanan kesehatan dengan baik.


Sumenep merupakan kabupaten di Madura yang meraih penghargaan UHC Kategori Utama dalam UHC Award 2024 yang digelar Menko PMK.


Untuk mendapatkannya, Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo menjelakan, Pemerintah Daerah harus memenuhi beberapa syarat. Diantaranya capaian UHC di atas 98%, tingkat keaktifan peserta di JKN Pemda di atas 80% serta tidak memiliki tunggakan iuran Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sampai dengan 2023.


Atas penghargaan tersebut, Bupati mengingatkan agar seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan harus merealisasikan program itu dengan memberikan pelayanan terbaik. Sehingga, dalam melayani pasien tidak membeda-bedakan pelayanan, baik umum maupun UHC.


"Saya berharap tenaga kesehatan agar senantiasa melakukan inovasi dan prestasi, demi memberikan kontribusi positif bagi derajat kesehatan masyarakat," pungkasnya. (SK/Rfq/*)

TerPopuler